Slideshow

Sabtu, 26 Maret 2011

KEGUNAAN MOTHERBOARD/MAINBOARD

PhotobucketMotherboard atau sering disebut "Mobo" adalah Papan utama sebagai tempat dipasangnya komponen-komponen hardware komputer agar bisa saling berinteraks.Bagian-bagian yang ada yang ada didalamnya adalah Chipset, ROM BIOS Memory Chip,Slot Expansi yang mana bagian-bagian ini memiliki fungsi yang berbeda-beda.Agar anda dapat lebih memahami apa fungsi dan kegunaan komponen tersebut, kalau begitu anda bisa membaca penjelasan berikut ini[...]

Chipset
Bagian ini berfungsi sebagai interface antara trafik dan kontrol aliran informasi ke dalam komputer.Contohnya, Mengontrol informasi pengaksesan processor ke memory, cache, Mengalirkan data ke device(alat) lain.
Pada Mobo Chipset terbagi dua yaitu North Bridge dan South Bridge.North Bridge Memiliki fungsi untuk mengatur jenis processor , kecepatan memory, dan sejenisnya, menjamin support AGP, dan bandwith pada bus datanya.Sedangkan South Bridge memiliki fungsi sebagai pengatur kecepatan transfer harddisk, dukungan peripheral interface USB, fireware, dukungan terhadap onboard(biasanya perangkat ini berada di laptop) soundcard, dan modem, dukungan integrated terhadap I/O, dan Sebagai Hardware Monitoring.

Bios
Bios (Basic Input Output System) Merupakan level program yang paling dasar, dimana bios ini berfungsi sebagai program untuk mengenali sistem device yang ada di mobo serta Operating System (OS) yang digunakan.Bios ini bisa berjalan apabila ketika saat komputer dijalankan/dioperasikan, dan bios ini akan bekerja untuk memeriksa sistem-sistem yang ada di komputer.

Slot Ekspansi
Pada umumya semua jenis mobo itu pasti memiliki slot ekspansi dimana slot ini dipergunakan untuk memasang card yang dipakai sebagai komponen tambahan yang diperlukan sebagai perluasan pemakaian komputer.Macam-macam jenis slot ekspansi yang umumnya sering digunakan oleh pengguna komputer adalah :

1. Slot ISA (Industri Standard Architecture), biasanya jenis yang seperti ini lebih sering digunakan untuk PC model Lama. Tipe slot ini yaitu 8 bit dengan kecepatan transfer ratenya 0,625 MB/S.
2. Slot PCI (Peripheral Components Interconnect), Jenis ini menggunakan 47 pin dengan kecepatan transfer ratenya sebesar 246 MB/S.Slot jenis ini biasa digunakan untuk sound card, vga card, lan card,dll.
3.Slot AGP (Adapter Graphic Peripheral) Jenis slot seperti ini memiliki kecepatan transfer ratenya lebih tinggi dibandingkan kedua slot yang lainnya yaitu bisa mencapai (2x, 4x, 6x, 8x)dari slot yang lainnya.Sehingga slot jenis ini sering digunakan untuk VGA.

Print this post

0 komentar:

Poskan Komentar