Slideshow

Sabtu, 26 Maret 2011

KEGUNAAN PROCESSOR

PhotobucketKita tahu bahwa processor itu adalah Otak dari komputer, tetapi penjelasan yang lebih jelasnya adalah Otak dan sebagai pusat pengendali komputer yang menjadi tenaga pelaksana dari seluruh perintah yang dieksekusi/dijalankan ataupun program.
Processor sendiri memiliki tiga bagian yang masing-masing bagian mempunyai kegunaan yang berbeda.
Bagian pertama adalah Arithmatics Logical Unit (ALU) yang berfungsi sebagai pusat dari segala perhitungan matematis untuk menjalankan suatu perintah yang dilaksanakan oleh sebuah sistem kompputer.[...]

Bagian Yang ke-dua adalah Sebagai Control Unit (CU) yang memiliki fungsi sebagai pengatur semua lalu lintas data maupun perhitungan yang dikerjakan oleh Processor.

Dan Bagian yang terakhir adalah sebagai Memory Unit (MU) yang fungsinya adalah sebagai unit pendukung , dimana perintah-perintah yang sering dipakai oleh processor akan disimpan sementara di bagian ini.

Jadi intinya Processor memiliki bagian yang berfungsi untuk menjalankan suatu perintah, mengatur/mengontrol alur kerja, dan menyimpan perintah tersebu sementara di processor.
Tentu jika kita ingin membeli suatu processor pasti hal pertama yang dipikirkan adalah tingkat kecepatan dari processor tersebut.Sebenarnya kecepatan processor adalah Internal Clock dari sebuah processor yang artinya kecepatan tersebut merupakan clock yang dapat bekerja sebagai internal ketika suatu processor melakukan/mengerjakan suatu eksekusi Perintah.

cara untuk menentukan kecepatan dari suatu processor adalah dengan menggunakan metode/cara perhitungan yang menggunakan rumus sebagai berikut :
Internal Clock = FSB * Clock Ratio
Keterangan :
Internal Clock : Kecepatan Processor
FSB : External Clock
Clock Ratio : Multiplier atau Faktor Pengali

Catatan !!
"FSB dari masing-masing processor tentu berbeda-beda tergantung dari jenis suatu processor.
Merk processor yang populer saat ini adalah Intel (Celeron, Xeon, Pentium, Dualcore, Cor 2 Duo,Core i3, i5, i7, dll) dan AMD (Athlon, Duron, Athlon 64, dll).

Print this post

3 komentar:

satriaweb mengatakan...

ternyata processor memang berbeda jauh dengan memori sendiri ya...berarti kalau memori hanya untuk menyimpan..sedangkan kecepatan sepenuhnya ada pada processor ya...

Aku Dan Komputer mengatakan...

izinkan saya copy ilmu ini ya :D terima kasih

kingkong mengatakan...

Thank's Infonya Bray .. !!!

www.bisnistiket.co.id

Poskan Komentar