Slideshow

Jumat, 29 April 2011

PERBEDAAN WEB SERVER DAN WEB PROGRAMING

Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan pengetahuan kepada anda tentang yang namanya WEB. Web ini mempunyai dua macam yaitu, WEB SERVER dan WEB PROGRAMING.Selain itu keduanya juga memiliki perbedaan, menurut pengetahuan saya perbedaannya seperti ini.WEB SERVER adalah komputer yang dijadikan sebagai server yang digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen WEB, dan komputer ini akan melayani permintaan dokumen WEB dari kliennya.WEB BROWSER seperti explorer, mozila, opmin, google chrome, maupun yang lainnya ini berkomunikasi melalui jaringan(termasuk jaringan internet) dengan WEB SERVER, ddengan menggunakan menggunakan fasilitas HTTP.[...]

Browser akan mengirimkan request ke server untuk meminta dokumen tertentu yang disediakan oleh server . Contoh WEB SERVER adalah Apache "Digunakan untuk platform OS Linux, Windows, Mac, dll", IIS(Internet Information Services) "Digunakan Untuk Platform OS Windows NT, dan, Windows 2000", dan PWS(Personal Web Server) "Digunakan untuk platform OS Windows 9x".

WEB PROGRAMING, Dalam WEB PROGRAMING terdapat server-side programing dan client-side programing. Client-side Programing digunakan untuk membuat web statis, sedangkan Server-side digunakan untuk membuat web dinamis. Contoh program yang termasuk dalam Client-side adalah seperti Java Script, VB Script, HTML, Ajax, dll. Sedangkan yang termasuk dalam Server-side adalah seperti CGI, Perl, ASP, JSP, PHP , dll.Berdasarkan perkembangan aplikasi(Software) dapat dibedakan menjadi 2 macam , yaitu :
1. Aplikasi bernasis desktop
Aplikasi seperti ini dikembangkan untuk dijalankan dimasing-masing client.

2. Aplikasi berbasis WEB.
Kalau aplikasi yang seperti ini lebih simple dibandingkan yang sebelumnya karena aplikasi seperti ini anda tidak perlu melakukan proses instalasi karena pada aplikasi ini tidak diinstal, tetapi aplikasi ini cukup hanya anda konfigurasi di server, dan kemudian klien dapat mengaksesnya melalui aplikasi Browser yang anda miliki.

Print this post

3 komentar:

Anonim mengatakan...

thanks Gan

Anonim mengatakan...

nice info, :D

Flashcom Indonesia mengatakan...

terima kasih informasinya sangat bermanfaat sekali
kujungi kami juga ya di http://flashcomindonesia.com/kursus-web-programming-sidoarjo.html

terima kasih ...

Posting Komentar