Slideshow

Jumat, 01 April 2011

TIPS MEMILIH MOTHERBOARD

Setelah kita memilih Processor maka selanjutnya kita akan memilih komponen inti yang gunanyya untuk menempatkan semua komponen-komponen komputer termasik Processor yaiti MotherBoard, mengapa bagian ini dikatakan sebagai bagian inti? karena pada bagian ini adalah sebagai tempat saling berhubung/berinteraksi antara bagian hardware yang lainnya, Nah jika anda ingin membeli Mobo untuk merakit sebuah komputer maka hal-hal yang harus anda perhatikan antara lain sebagai berikut[...]

1. Dalam memilih mobo yang pertama kali kita perhatikan adalah soket yang dimiliki oleh mobo harus sesuai dengan pin yang dimiliki oleh processor. karena jika kita salah processor maka processor tidak akan terpasang di soket processor pada motherboard.

2. Pilih lah chipset yang didukung oleh teknologi mutakhir dan merek yang sudah jelas diakui kualitasnya , untuk hal ini jangan malu-malu bertanya kepada penjual tentang kualitasnya.

3 .Perhatikan dukungan/kompatibilitas pada kecepatan FSB semakin baik.

4 .Perhatikan slot ekspansi yang ada pada mobo, pilihlah slot yang terlengkap karena hai ini sangat berpengaruh pada penambahan hardware.

5 .Perhatikan Slot VGA pada mobo apakah mendukung AGP card atau PCI-E card, kalau bisa usahakan pilih yang mendukung keduanya, tapi ingat pada mobo tertentu sudah terdapat VGA built-in maka dari itu telitilah dan jangan malu-malu untuk menanyakannya kepada penjual.

6. Perhatikan apakah konektor untuk mendapatkan daya listrik menggunakan jenis ATX atau AT.

7.Setting mobo, hal ini juga harus diperhatikan apakah mobo ini harus di setting/diatur melalui Jumper dan Bios atau hanya melalui Bios saja.

8. Perhatikan kemampuan mobo sampai kecepatan berapakah processor yang bisa di gunakan pada mobo, untuk lebih mengetahuinya tanyakan kepada penjual.

9.Perhatikan kapasitas memory yang bisa dipasang pada mobo, karena semakin besar kapasitas memory maka tentu akan menguntungkan kita apabila kita hendak ingin menambah(mengupgrade) kapasitas memory tersebut. Selain itu baca manual book memory apa saja yang dapat digunakan pada mobo tersebut. Apakah SD-RAM, DDR-RAM, atau malah yang lainnya.

10. Periksa lah komponen-komponen apa saja yang sudah ada didalam mobo(Built-In). Biasanya komponen tersebut adalah Lan Card, VGA Card, Sound Card.Hal ini sangat penting karena akan menghemat pengeluaran.

Yang paling penting janganlah anda malu untuk bertanya tentang kemampuan yang dimiliki oleh mobo tersebut pada penjual atau bisa juga kita mencari informasi mengenai hal tersebut dari media seperti media internet.Karena jika anda malu untuk menanyakannya maka anda nantinya akan merasa tidak puas dari apa yang anda pilih karena tidak sesuai dengan kemauan anda.Jadi jangan malu-malu untuk bertanya.

Print this post

0 komentar:

Posting Komentar