Slideshow

Jumat, 15 April 2011

TRIK ATASI KOMPUTER YANG SERING CRASH / HANG

Pada artikel kali ini saya akan memberikan trik bagaimana mengatasi masalah komputer yang sering crash/hang. Komputer bisa melakukan booting dengan normal tapi pada waktu digunakan sering mengalami masalah crash/hang. Crash/Hang pun bermacam-macam jenisnya antara lain seperti, program yang dijalankan tiba-tiba berhenti dan tidak ada respon sama sekali, mouse tidak dapat digerakan dan keyboard juga tidak dapat berfungsi ketika komputer tersebut sedang mengalami hang.Cara mengatasi masalah seperti ini adalah sebagai berikut : oce kita next [...]

1. Jika hang yang terjadi akibat dari aplikasi/program yang sedang di jalankan maka yang harus anda lakukan adalah coba anda tekan tombol "Ctrl + Alt + Del" yang ada pada keyboard anda secara bersamaan dan maka setelah itu akan muncul "Windows Task Manager".Aplikasi yang menyebabkan terjadinya crash/hang itu ditandai dengan status NOT RESPONDING , sedangkan aplikasi yang sedang berjalan dengan normal itu ditandai dengan status RUNNING. jika anda ingin menghentikan aplikasi/program yang menyebabkan komputer anda menjadi crash/hang caranya yaitu dengan memilih aplikasi yang berstatus NOT RESPONDING dan kemudian cari button END TASK kalau sudah ketemu lalu klik button END TASK itu.

2. Jika proses crash/hang nya itu berlangsung lama, tindakan yang harus anda lakukan adalah melakukan booting hangat atau merestart komputer anda melalui tombol restart/reset yand ada pada chassing CPU, jika terjadi pada lapie anda tekan tombol power yang ada di lapie anda.

3. Setelah melakukan restart cek aplikasi yang menyebabkan hang. jika hal itu yang menyebabkan terjadinya hal tersebut maka coba anda install ulang aplikasi/program tersebut atau jika ada aplikasi/program yang menjadi problem tidak terlalu penting atau bergun bagi anda uninstall saja aplikasi tersebut.

4. Jika ke tiga trik diatas tidak dapat menyelesaikan problem anda dan terus terjadi anda bisa mencoba install ulang sistem operasi anda.

5. Tapi jika semua hal-hal/trik yang sudah saya sebutkan sebelumnya masih belum bisa juga menyelesaikan problem yang anda alami juga, mungkin yang menyebabkan kerusakan bukan disebabkan oleh hal-hal tersebut tetapi mungkin karena akibat kerusakan yang terjadi di bagian Hardware komputer anda dan sebaiknya jika anda tidak terlalu paham tentang meng utak-atik komponen komputer sebaiknya anda bawa saja ke teknisi komputer yang terpecaya untuk di perbaiki.

mungkin ini saja trik dari saya semoga trik dari saya ini bisa membantu anda yang mengalami masalah hal seperti ini, dan semoga trik ini bermanfaat.. thanks

Print this post

2 komentar:

Tri Lukman A. mengatakan...

Kalo misalkan lagi didiemin tiba tiba hang itu kenapa gan ?

zakky mengatakan...

kalau seperi itu mungkin ada kabel konektornya yang kendor gan, coba di periksa kembali. :)

Posting Komentar