Slideshow

Rabu, 06 April 2011

TRIK ATASI MASALAH PADA RAM

Kendala-kendala dalam mengupgarde komputer sebagian kecil pernah kita alami sehingga kita menjadi merasa tidak nyaman akan hal ini, salah satu yang kita alami adalah ketika kita hendak ingin mengupgrade memory(RAM) dalam hal ini memory yang fungsinya untuk membantu meningkatkan kinerja processor kadang tidak sesuai yang kita inginkan contohnya kita ingin mengoptimalkan, meningkatkan kinerja komputer malah yang terjadi adalah sebaliknya komputer tersebut menjadi tidak optimal, dan tingkat kinerjanya pun menurun dari 100% menjadi sekitar 25% gak ada setengahnya kan?.[...]

Biasanya hal ini terjadi ketika anda mnambahkan memory baru atau anda memakai 2 keping memory. Masalah-masalah tersebut mungkin sangat mengganggu kita, tetapi anda tenang saja saya akan memberitahu apa masalah-masalah yang sering terjadi dan sekaligus cara mengatasinya. Oke berikut akan saya jelaskan simak baik-baik ya.

1. RAM Menjadi Sering Hang Ketika Di Tambahkan.
Maksud diatas adalah jika kita ingin menambah memory/RAM agar kinerja PC menjadi lebih baik, tetapi yang ditambahkan seperti apa dulu jangan langsung menganggap buruk saja, yang ditambahkan misalnya seperti ini "Memory awal jenisnya DDR-RAM PC 6400 dan ditambahkan 1 keping lagi dengan memory jenis DDR-RAM PC 3200.Nah itulah yang membuat menjadi sering hang karena tidak seimbangnya hubungan antara kedua memory/RAM tersebut, maka dari itu ketika anda ingin mengupgrade RAM terlebih dahulu yang harus anda lakukan adalah anda perhatikan terlebih dahulu memory apa yang akan anda gunakan atau memory apa yang anda pergunakan. Cara mengatasi hal yang tadi disebutkan adalah sebagai berikut:

-. Cobalah pasangkan memory yang anda gunakan pada slot yang berbeda.
-. Perhatikanlah apakah merek/tipe RAM yang anda gunakan jenisnya sama? Jika tidak hal ini pada sebagian mobo memang menjadi masalah karena kedua jenis RAMnya berbeda.Usahakan juga pakailah memory dengan kapasitas, merek/tipe, dan kecepatan kinerjanya sama agar prosesnya akan optimal sehingga tidak akan menyebabkan HANG.
-. Lepaskanlah salah satu RAM dari slotnya jika terjadi HANG, jika setelah setelah RAM tersebut dilepas dan komputer sudah tidak HANG lagi, maka berarti benar ada ketidakcocokkan/ketidaksamaan jenis/tipe dari kedua RAM tersebut sehingga timbullah masalah HANG.
-. Tetapi jika ketika RAM dilepas komputer masih sering HANG kemungkinan masalah yang terjadi bukan karena ketidakcocokan, tetapi mungkin ada kerusakan di salah satu RAM yang anda miliki sehingga menjadi tidak seimbang dalam proses kinerjanya, maka dari itu cek kembali RAM yang rusak ada di bagian RAM yang mana, jika sudah ketemu segera gantilah denganyang baru.
-. Anda bisa tukar tambah salah satu RAM agar kedua keping RAM tersebut menjadi sama.

2. Ram Tidak Terdeteksi Ketika Ditambahkan
Halini juga dapat mengganggu kita tentunya. contoh dari masalah ini gambarannya sebagai berikut. Ram yang semula berukuran 512MB ditambahkan dengan ukuran yang sama, ukuran yang harusnya bertambah menjadi 1GB, tetapi ketika saat proses Booting yang terdeteksi hanyalah 512MB tidak bertambah.Nah untuk mengatasi seperti ini adalah sebagai berikut ini jangan lupa Simak Baik-Baik oke.

-. Pertama lakukan langkah-langkah penanganan seperti yang terjadi pada bahasan masalah sebelumnya.
-. Kemungkinan jenis RAM yang anda miliki berbeda , karena belum tentu RAM yang masuk pada slot yang sama memiliki jenis yang sama juga. Sebagai gambaran "SD-RAM memiliki slot yang serupa dengan RD-RAM, sedangkan RD-Ram ini tidak akan terdeteksi meskipun bisa dipasangkan di slot SD-RAM ataupun sebaliknya.Jadi dengan saya berikan gambaran seperti tadi mungkin anda sudah bisa mengetahui apa penyebabnya.

Lebih baik anda mengecek dengan benar apakah kedua jenis RAMnya sama atau tidak karena hal ini dapat menimbulkan kedua masalah yang sudah saya jelaskan.
Mungkin hanya ini Trik yang dapat saya berikan kepada anda semoga trik ini nermanfaat nagi anda yang mempunyai masalah yang serupa.

Print this post

1 komentar:

adam daramawan mengatakan...

terlalu banyak gak bisa di singkat kk :D

Posting Komentar