Slideshow

Senin, 04 April 2011

TRIK MENGATASI BLUESCREEN PADA KOMPUTER

Mungkin kita pernah mengalami masalah yang terjadi pada komputer seperti layar monitor kita tiba-tiba menjadi blank berwarna biru, tetapi kita tidak tahu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya, Nah pada kesempatan kali ini saya akan mengajak anda untuk tidak lagi merasa kebingungan ketika anda mengalami hal seperti ini.Jika anda pernah mengalami hal seperti ini ada baiknya anda mengikuti trik dari saya untuk mengatasi hal tersebut, atau anda belum pernah mengalaminya, kalau anda belum pernah mengalaminya sebaiknya anda lebih berhati-hati ketika menggunakkan komputer.Berikut trik dari saya simak baik-baik ya [...]

Untuk kita yang pernah mengalami hal seperti ini dan ingin mengatasinya dengan mudah, kita harus mengetahui dulu apa penyebabnya, nah kalau kasus yang seperti ini terjadi karena disebabkan oleh kerusakan pada sistem atau kerusakan pada hardware komputer. Sebenarnya dengan munculnya BsOD (Bluescreen Of Death) (mungkin anda tidak mengetahui apa itu istilah BsOD, istilah tersebut dapat diartiken sebagai pesan kesalahan yang muncul di windows yang diakibatkan dari rusaknya sistem yang tidak bisa di recover).Dapat membantu kita untuk mengetahui dimanakan/bagian manakah yang mengalami kerusakan, tetapi pesan yang muncul terkadag kita tidak mengerti.Oleh karena itu mari kita pahami pesan kesalahan yang muncul pada BsOD tersebut. Pesan yang sering muncul adalah sebagai berikut:
- IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL(0X0000000A)
Pesan tersebut biasanya disebabkan oleh ketidakcocokan driver yang diinstall pada komputer.
- NTFS_FILE_SYSTEM(0X00000024) atau FAT_FILE_SYSTEM(0X00000023)
Pesan tersebut menunjukkan bahwa ada kesalahan yang terjadi pada partisi hardisk, tetapi bukan hardisknya yang rusak.
- BAD_POOL_CALLER
Pesan yang seperti ini disebabkan ada driver yang tidak cocok/kompatibel.
- PEN_LIST_CORRUPT
Kalau pesan yang seperti ini adalah menunjukkan terjadi kerusakan pada RAM.
- DATA_BUSS_ERROR
Pesan seperti ini disebabkan karena slot memory pada mobo rusak.
- VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Pesan yang seperti ini disebabkan oleh kurang sempurnanya dalam proses menginstal driver video card.
- MACHINE_CHECK_EXCEPTION
Pesan tersebut terjadi karena cacatnya CPU, atau power supply mengalami kekurangan daya atau bisa juga terjadi kerusakkan pada powersupply.
- PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Pesan seperti ini disebabkan oleh rusaknya bagian hardware komputer termasuk memory utama, memory VGA, atau memory di processor.
- INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Kalau pesan yang ini disebabkan oleh kesalahan dalam mengkonfigurasi jumper hardisk yang salah, virus boot sector, driver chipset, atau driver IDE cntroller yag salah.

Jika anda sudah tahu dan mengerti pesan-pesan kesalahan yang sering muncul, tetapi anda sendiri masih bingung bagaimana cara mengatasinya, Nah maka selanjutnya anda akan saya beri trik bagaimana cara mengatasi hal tersebut, Simak dengan seksama ya
- Jika kerusakan yang anda alami itu terjadi pada driver, maka cara mengatasinya adalah Jika anda setelah menginstall driver untuk hardware dan tiba-tiba terjadi BsOD maka yang harus anda lakukan adalah mengUninstall kembali driver itu. Usahakan juga untuk mengUninstall driver lama yang sudah tidak terpakai lagi sebelum menginsttal driver yang baru, hal ini dilakukan untuk menjaga agar tidak mengalami kesukakkan pada saat menginstall driver yang baru.

- Jika anda hendak melakukan penginstalallan driver, maka usahakanlah sampai sempurna. Jika pada saat melakukan instalasi driver listrik tiba-tiba mati usahakan untuk menginstal kembali driver tersebut.

- Jika yang rusak pada saat mempartisi anda bisa mengecek kabel PATA atau SATA atau juga bisa anda cek partisi menggunakan tool CHKDISK.Kalau memang partisi benar-benar rusak maka, selamatkan terlebih dahulu data-datanya sebelum anda melakukan partisi ulang..

- Jangan sekali-kali anda mencoba mengoverlock hardware jika tidak terlalu diperlukan dan pengetahuan anda mengenai overlock pun masih minim. Sebaikya hal ini tidak usah di lakukan jika anda tidak mengerti, karena jika hal ini anda lakukan bisa ber-akibat cukup fatal.

- Jika kerusakan disebabkan oleh suhu hardware yang terlalu panas , usahakanlah menggunakkan tambahan kipas atau menempatkan PC di dalam ruangan yang ber-AC.

- Jika kerusakan yang terjadi bukan terjadi pada hardware maka, anda bisa mencoba untuk menginstall ulang sistem operasi anda.

- Tetapi Jika kerusakan yang terjadi itu berhubungan dengan hardwre, sebaiknya anda mengganti bagian-bagian yang rusak itu atau jika anda tidak bise megganti atau tidak bisa mengutak-atik hardware maka yang harus anda lakukan adalah membawanya ke teknisi komputer.

Mungkin inilah Trik yang bisa saya berikan kepada anda, semoga trik yang saya berikan ini bermanfaat bagi anda....

Print this post

2 komentar:

Anonim mengatakan...

error code blue screen saya 124..
benar2 nyebelin windows 7 ane sering blue screen sepekan paling gak 5 kali,..
ane udah update vga tapi tetep ajah
di forum2, masalah tsb blm terselesaikan..

zakky mengatakan...

kalau boleh tau pesan error yang munculnya kaya apa ya? mungkin tu bkn dri vga tapi mungkin dari RAM ente dah baca lom contoh pesan-pesan kesalahan yang sering muncul, klo pesan yang muncul pd komputer ente ada yang sama kaya yang sudah ane tulis mungkin ente bisa mencoba cara penangannan yang sudah saya tulis juga. untuk sementara ini dolo jwbn dri ane, klo ane dh tau pesan yg muncul kaya ap baru ane coba bantu ente lagi untuk mengatasinya, tar klo ente kurang jelas bisa ente tanyakan lagi semoga aje ane bisa bantu.

Posting Komentar